Berdoa saat Butuh, Lupa ketika Cukup

Ketika kita melihat sekitar, kita akan temukan manusia dengan berbagai karakter dan sifatnya yang beragam. Ada yang menurut kita baik, ada yang membuat kita kesal. Ada yang begitu santun dan ada yang selalu membuat masalah. Berbagai macam sifat kita dapati, namun bagaimana Al-Qur’an menilai manusia?

manfaat-berdoa

Salah satu fenomena yang sering kita lihat atau bahkan hal itu terjadi pada diri kita sendiri adalah manusia ini mengingat Allah hanya ketika dalam posisi terjepit. Manusia berdoa hanya ketika kesusahan. Manusia rajin beribadah hanya ketika tertimpa musibah. Namun ketika kesulitan dan cobaan itu hilang, mereka kembali melanggar Allah seakan tidak pernah meminta bantuan kepada-Nya. Allah berfirman:

وَإِذَا مَسَّ الإِنسَانَ الضُّرُّ دَعَانَا لِجَنبِهِ أَوْ قَاعِداً أَوْ قَآئِماً فَلَمَّا كَشَفْنَا عَنْهُ ضُرَّهُ مَرَّ كَأَن لَّمْ يَدْعُنَا إِلَى ضُرٍّ مَّسَّهُ -١٢-

“Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami Hilangkan bahaya itu darinya, dia kembali (kejalan yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya.”

(Yunus 12)

Begitu pula ketika manusia menjalani hidup yang serba kekurangan. Dia mulai solat lima waktu. Berpuasa sunnah. Selalu bersedekah untuk memancing rezeki dari Allah. Bahkan tak pernah lepas dari Solat tahajjud ditengah malam. Namun ketika hidupnya mulai berkecukupan, dia mulai menunda solat. Jarang berpuasa. Lupa bersedekah sampai dia melakukan hal-hal yang melampaui batas. Seakan kebaikan hidup itu murni atas kerja kerasnya tanpa bantuan Allah swt.

كَلَّا إِنَّ الْإِنسَانَ لَيَطْغَى -٦- أَن رَّآهُ اسْتَغْنَى -٧-

“Sekali-kali tidak! Sungguh, manusia itu benar-benar melampaui batas,

apabila melihat dirinya serba cukup.”

(Al-Alaq 6-7)

sumber ; http://www.khazanahalquran.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s